Wahyu 2:10

Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobaidan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setiasampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

Saya ingin bertanya diantara sekian banyak kisah dan cerita yang telah anda baca, manakah kisah yang sangat mengesankan bagi pribadi anda. Saya yakin pasti akan ada banyak kisah dan cerita yang akan anda sampaikan pada saya. Tetapi saya yakin hanya sedikit diantara saya dan kita semua yang tidak pernah mengetahui kisah tentang Hachiko (seekor anjing jepang yang sangat setia pada majikannya). Saat dipelihara oleh Profesor Ueno, yang sangat mencintai anjing. Ternyata Hachi tidak sendirian dipelihara, tetapi bersama dua ekor anjing lainnya (s dan John). Ketika sang professor berangkat bekerja Hachi selalu mengantar kepergian majikannya di pintu rumah atau dari depan pintu gerbang. Saat pagi hari kadang-kadang bersama s dan John, Hachi kadang-kadang mengantar majikannya hingga ke stasiun kereta. Saat sore hari, Hachi dengan setia kembali datang ke stasiun untuk menjemputnya.

Suatu saat saat mengikuti rapat di kampus, Profesor Ueno mendadak meninggal dunia. Hachi terus menunggui majikannya yang tak kunjung pulang, dan tidak mau makan selama 3 hari. Saat hari pemakaman majikannya, ia masih tidak mengerti bahwa Profesor Ueno telah meninggal. Ditemani John dan s, ia pergi juga ke stasiun untuk menjemput majikannya. Seiring meninggalnya majikannya, Hatchi pun berpindah tempat saat dipelihara oleh keluarga majikannya. Tepat saat dipelihara oleh tukang kebun keluarga majikannya, ia kedapatan setiap hari sering berjam-jam lamanya menantikan kepulangan Profesor Ueno di stasiun kereta. Masyarakat sekitarnya akhirnya mengetahui betapa setianya Hachi pada majikannya. Saat itulah akhiran ko (sayang) ditambahkan pada bagian belakang nama Hachi sehingga orang memanggilnya Hachiko. Selepas kematiannya didirikan patung Hatchiko untuk mengenang betapa setianya terhadap majikannya. Tidak hanya itu ia dikuburkan layaknya seorang manusia, kuburan berada tepat disamping makam majikannya professor Ueno. Beberapa waktu sesudah itu munculah film Hachiko: A Dogs Story, yang diperankan oleh beberapa artis hollywood kala itu. Anda dapat melihat bagaimana betapa menyentuh apa yang dilakukan seekor anjing peliharaan seperti Hachiko. Dapatkah dipahami bahwa pelajaran utama dari kisah ini adalah tentang satu kata yang terpenting:

Kesetian

Kesetiaan adalah hal istimewa yang dimiliki oleh seekor anjing. Sebagai orang percaya sudah menjadi kewajiban penting untuk tetap setia bila sudah bersentuhan dengan Iman kepada Kristus. Inilah yang akan menyelamatkan saat kualitas iman nampak nyata dalam komitmen kita padanya. Setia berarti adanya suatu ketaatan yang sungguh didalamnya tanpa dipengaruhi oleh alasan ataupun situasi apa pun. Kita harus bersukacita karena Tuhan tidak pernah lupa atau keliru dalam karyaNya mempersembahkan diri sebagai harga tebusan yang mahal. Oleh kesetian Yesus, yang setia sampai mati, sehingga Ia berkata Sudah selesai (Yohanes 19:30b). Setiap mereka yang mengasihiNya diampuni dan memperoleh hidup yang kekal. Sebagaimana yang dijelaskan Rasul Yohanes Jadilah setia sampai mati, dan Aku akan memberikan mu mahkota kehidupan. Puncak tertinggi kasih kita kepadaNya adalah kesetian yang tanpa batas kepadaNya.

Doa : Syukur kepada Mu Tuhan, sebab Engkau menganugerahkan juruselamat yang selalu setia bagi ku. Memberikan hidupNya demi menebus segenap dosa dan kesalahan ku. Dalam nama Tuhan Yesus, saya mengucap syukur. Amin.

Bacaaan Alkitab: Yosua 21

Penulis : Azer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berkenalan dengan Jangkar KehidupanKarena mengenal satu sama lain itu indah.