Ibrani 3:4

Sebab setiap rumah dibangun oleh seorang ahli bangunan, tetapi ahli bangunan segala sesuatu ialah Allah.

Ada pepatah: “The Right Man in The Right Job, The Right Job in The Right Man”. Artinya, orang yang tepat harus pada posisi, tugas atau pekerjaan yang tepat. Pekerjaan dan tugas yang tepat, juga harus ditangani orang yang tepat. Dapat dibayangkan apabila dalam suatu perusahaan didalamnya terdapat orang-orang tidak berkompeten dalam bagian pekerjaan yang ditugaskan. Tentu saja perusahaan tersebut akan mengalami kemunduran serta keterpurukkan.

Bukankah kita pun demikian? Sering secara sengaja maupun tanpa disadari. Melakukan sesuatu tanpa, terlebih dahulu memahami dan mengerti bagaimanakah cara yang benar dan tepat dalam melakukannya. Apa sajakah peralatan atau perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan aktifitas tersebut? Saya pernah mengalami situasi serupa, saat ingin mengganti sim card handphone. Tetapi saya tidak memiliki kunci, untuk mengeluarkan tempat penyimpanannya.

Tuhan menggunakan berbagai macam cara dan metode, dalam memberitakan kabar baik bagi keselamatan semua manusia. Bahkan Ia menyediakan FirmanNya (Alkitab), menjaga kesucian peribadatan dalam semua sakramen-sakramen yang ada. Semuanya ini telah dipersiapkan dengan maksud, agar iman dan kepercayaan umatNya senantiasa bertumbuh dan terpelihara dalam kemurnian iman yang benar kepadaNya.

Guna memberikan asupan yang benar dan tepat, pada kebutuhan kerohanian kita. Masih saja, kita sering menganggap sepele hal ini. Padahal, seperti sudah ketahui bersama diatas bahwa Tuhan telah menyediakan semuanya. Perlengkapan dan peralatan yang tepat-benar, bagi pemenuhan diri spiritual kita. Kita lebih menikmati peralatan dan perlengkapan, yang tidak tepat-keliru. Ketimbang membaca dan merenungkan FirmanNya, mengambil waktu doa kita secara pribadi dalam persekutuan yang kudus denganNya.

Pemazmur menulis, “FirmanMu adalah pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku” (Mazmur 119: 105). Bukannya lilin atau senter pengetahuan kita sendiri, tetapi Kitab Sucilah menerangi jalan-jalan kehidupan kepada Tuhan. Hanya Firman Tuhan yang menjadikan kita bijaksana serta beroleh keselamatan melalui iman dalam Kristus Yesus. Kita perlu menandainya: hanya Firman dan Sakramen Allah sebagai satu-satunya alat untuk bertumbuh dan membagikan iman kita pada siapa saja.

DOA: Bapa di surga, tolonglah kami selalu menggunakan perlengkapan yang Engkau telah berikan agar kami dapat menyaksikkan kasih-Mu; dalam Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.

Bacaan Alkitab: Kejadian 18-19 & Matius 6: 1-18

Penulis: Azer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berkenalan dengan Jangkar KehidupanKarena mengenal satu sama lain itu indah.