Renungan 28 Juni 2018

1 Petrus 5 : 8 =

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

 

DeDe Phillips adalah seorang nenek yang hidup di Hart County , Georgia.

Baru baru ini , sekitar jam makan malam , ia meninggalkan cucu perempuannya yang berumur 5 tahun di dalam rumah , sehingga ia dapat pergi keluar rumah dan mengambil foto truk kepunyaannya. Pada saat itu Phillips menyadari bahwa ia sedang diamati oleh seekor harimau. Bahkan di Hart County , Georgia , penampakan harimau tidak selalu setiap hari terjadi , sehingga dengan cepat ia mengambil foto penampakan tersebut.

Dia terkejut dengan apa yang terjadi kemudian. Bukannya lari menjauh, harimau itu justru menyerangnya. Ia berkata , harimau itu hanya berjarak 2 langkah didepan saya menghampiri wajah saya . Dan Phillips tidak mempunyai pilihan. Dia dapat saja berteriak meminta bantuan , tapi bagaimana jika cucu perempuannya keluar rumah ? atau dia dapat saja mendorong harimau itu dengan keras dan berlari , tetapi harimau itu sepertinya tidak akan membiarkan hal itu terjadi.

Pikirannya kacau , ia berpikir Tidak saat ini . Tidak ada cara lain, saya akan mati malam ini . Hal itu terjadi jika Phillips tidak melakukan perlawanan , dan sebaliknya , ia menyerang harimau itu. Ia menangkapnya dengan mencekik lehernya hingga lemas.

Lalu ia teriak meminta bantuan. Ketika anak lelakinya pulang , ia melepaskan cekikannya pada harimau yang sudah mati itu.

Ia lalu dibawa ke rumah sakit dan diobati untuk jari-nya yang patah , beberapa luka dalam dan beberapa cakaran pada tangannya , dada, dan kaki-nya . Ia telah memasuki babak pertarungan yang hebat. Anda bayangkan, harimau itu sangat ganas.

Sekarang saya harus mengatakan pada anda , membaca cerita Phillips membuat saya kagum pada para nenek. Saya tahu , seorang nenek biasanya pintar dan bijaksana , tetapi saya sungguh sudah menganggap remeh kekuatan seorang nenek , terutama pada saat mereka melindungi cucu mereka.

Oh, tidak ada yang dapat saya katakan jika hal tersebut terjadi pada saya setelah membaca cerita Phillips . Tetapi ada hal yang dapat disimpulkan : Ada waktu ketika kita bertahan dan siap bertarung akan apa yang kita percayai itu yang terpenting. Itu berarti , seperti kata Petrus , kita harus sadar dan berjaga jaga terhadap si Iblis yang berjalan sekeliling kita , Iblis yang seperti seekor harimau ganas yang siap menerkam.

Sekarang ada baiknya untuk berdoa bebaskan kami dari pencobaan. Menjaga jarak antara diri kita dengan singa dan harimau adalah cara terbaik yang perlu dilakukan dari kejatuhan iman kita.

Tetapi ada waktu ketika kita tidak dapat melarikan diri , dan tidak dapat berlari menjauh. Luther pernah mengalami hal tersebut ketika gerejanya dan pemerintah meminta ia untuk menarik kembali pernyataannya mengenai Anugerah Allah dan Kasih Allah. Luther tidak dapat berlari dan tidak dapat bersembunyi . Sebaliknya, ia tetap bertahan. Ia melakukan apa yang Yakobus tuliskan : Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! ( Yakobus 4 : 7)

Kebenarannya adalah kita yang telah ditebus dan diselamatkan oleh Kristus ,hidup dalam penyertaan Roh Kudus. Pada saat seseorang mengambil sikap bertahan dalam iman , ia akan menemukan bahwa Allah telah memberinya kekuatan melebihi dirinya dan kemampuannya.

DOA : Ya Bapa , jika mungkin , jauhkanlah kami daripada yang jahat . Jika memang kami harus berperang melawan Iblis , berikan kami komitmen dan semangat untuk mengirim mereka kembali ketempat mereka seharusnya berada. Inilah yang saya minta didalam nama Yesus . Amin.

Renungan diatas terinspirasi dari berbagai sumber , termasuk tulisan Janet Croley di Newser pada tanggal 15 Juni 2018 .

Dan bagi yang mengingini renungan ini dalam versi bahasa Inggris dapat akses ke link : https://www.lhm.org/dailydevotions/default.asp?date=20180628

 

  • DM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berkenalan dengan Jangkar KehidupanKarena mengenal satu sama lain itu indah.