Mazmur 92:1-2

Ay1, Nyanyian untuk hari Sabat.

Ay 2, Adalah baik untuk menyanyikansyukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi nama-Mu,ya Yang Mahatinggi.

Konon suatu desa di china penduduknya hidup berdampingan dengan rukun, para orangtua dengan anak. Bahkan para lansia sangat diperhatikan dan dirawat semua masyarakat desa. Namun, kejadian ini berubah setelah munculnya seorang pemimpin baru pada desa itu. Selang beberapa watu sesudah memimpin, sang pemimpin memikirkan bagaimana memajukan desanya. Ia akhirnya menyimpulkan bahwa desa ini tidak dapat berkembang dengan pesat dikarenakan adanya banyak lansia (para kakek & nenek) yang sudah tidak dapat bekerja lagi menjadi beban hidup keluarganya. Akhirnya, sang pemimpin memutuskan untuk menghukum mati seluruh lansia yang ada dalam desa tersebut. Banyak tangisan dan kesedihan terjadi dalam melaksanakan perintah ini, tetapi tidak ada seorang pun dapat membantah perintahnya.

Waktu pun berlalu nampaknya apa yang dipikirkan si pemimpin ada benarnya, sebab beban hidup masyarakat desa berkurang. Dan yang tersisa hanyalah mereka yang masih mampu bekerja dan berusia muda. Suatu ketika terjadi suatu masalah yang sangat serius sebab karena kemajuan yang begitu pesat desa ini melakukan usaha penjualan kayu ke kota. Namun, diharuskan setiap kayu yang akan diolah dan diperjualbelikan mesti ditentukan mana bagian-bagiannya. Mana bagian pangkal? Mana bagian bawahnya. Karena proses yang begitu cepat sehingga sulit untuk dibedakan bagian kayu tersebut?. Semua penduduk desa gempar sebab tidak ada seorang pun yang dapat mengatasi masalah ini, bahkan sang pemimpin pun menjadi kebingungan sebab semua kayu yang sudah ditebang terancam tidak dapat diterima oleh pembeli karena tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Dalam suasana kebingungan inilah muncul seorang anak remaja yang mengatakan bahwa ia mengetahui cara menentukan bagian pangkal dan bagian bawah kayu tersebut. Seolah heran dan tak percaya penduduk pun menurut saja saat ia meminta untuk sebuah kayu dilemparkan ke sungai. Lalu nampaklah bagian bawah agak sedikit tenggelam ke dalam air dan bagian pangkal kayu tetap terapung. Sontak para penduduk mengelu-elukan si remaja sebagai seorang yang cerdas.

Namun, dengan tegas ia menjelaskan bahwa ia pun tidak mengetahui juga bagaimana cara tersebut dapat bermanfaat. Lalu dengan jujur ia menjawab bahwa ia diberitahu oleh kakeknya, semua penduduk gempar karena ternyata masih ada seorang kakek yang masih hidup didesa tersebut. Kakek dari si remaja tadi, sontak sang pemimpin pun kebingungan. Sebab ia menyadari tanpa adanya informasi dari si kakek tadi tidak mungkin, mereka dapat mengetahui bagian kayu tersebut. Pada akhirnya, sang pemimpin pun menyadari betapa pentingnya para lansia yang telah ia anggap sebagai beban dalam masyarakat. Sehingga Ia pun mengubah keputusannya serta mengharuskan semua penduduk untuk menghargai dan menghormati para lansia. Sebab para lansia mengetahui apa yang belum tentu diketahui oleh para orang muda.

Cerita diatas hampir mirip dengan kisah banyak orang percaya sekarang yang telah mengesampingkan Allah dalam hidup mereka. Menyangkal kebenaran Firman Allah dengan mengubahnya sesuai kebenaran mereka sendiri. Bahkan menyangkali keberadaan Allah sama sekali. Menjadikan Tuhan keluar dari dalam kehidupan mereka, dengan berkata semua akan baik-baik saja tanpa adanya Tuhan. Seraya berkata pada sekeliling mereka Lihat apa yang telah kami lakukan dan Tuhan menjadi seperti kakek dalam cerita diatas. Sayangnya hanya ada beberapa orang saja yang seperti anak remaja mempedulikan pimpinan Tuhan dalam hidupnya. Seperti kakek yang senatiasa memberikan petunjuk yang tepat dan benar. Demikianlah Tuhan menuntun dan mempin kehidupan semua mereka yang mengasihiNya.

Doa: Ya Tuhan, hendaklah Engkau semakin besar dan saya semakin kecil. Sehingga nyata kemuliaan Mu dalam kehidupan saya. Menghargai serta menjadi saluran berkat Mu dimana saja saya berada. Amin.

Bacaan Alkitab: 1Samuel 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berkenalan dengan Jangkar KehidupanKarena mengenal satu sama lain itu indah.