Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan,  untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran

(2 Timotius 3:16)

 

Pertumbuhan iman orang Kristen tidak bisa dipisahkan dari campur tangan Roh Kudus di dalam kehidupan orang percaya. Jikalau Roh Kudus tidak ada dan tidak bekerja di dalam hidup orang percaya, mustahil terjadi pertumbuhan iman menjadi murid Kristus.  Selanjutnya, Roh Kudus bekerja menumbuhkan dan mengubahkan orang percaya melalui kebenaran firman Tuhan. Oleh sebab itu, pertumbuhan iman orang Kristen juga tidak bisa dipisahkan dari respon dan partisipasi aktif terhadap pekerjaan Roh Kudus melalui kebenaran FirmanNya (secara tertulis: Alkitab). Firman Allah diberikan untuk memperkuat dan mendewasakan orang percaya lain supaya bersama-sama dapat mencerminkan gambar Kristus dalam rumah, gereja lokal, dan masyarakat luas.

Firman Allah yang tertulis harus menjadi pedoman tertinggi dalam kebenaran dan kelakuan kita. Kita harus memakai firman Allah yang diberikan oleh Roh Kudus sebagai pedoman untuk menilai kepercayaan dan kelakuan kita. Rasul Paulus dalam suratnya kepada Timotius, muridnya, menegaskan manfaat kebenaran firman Tuhan bagi kehidupan orang percaya. Pertama, Firman Allah untuk mengajar kebenaran Allah. Alkitab mengajarkan kepada orang percaya tentang pikiran, rencana, dan kehendak Allah.  Pengajaran yang kita ikuti akan menuntun kita kepada pertumbuhan yang. Kedua, untuk menyatakan kesalahan. Ketika FirmanNya menyadarkan kita akan kesalahan kita, itu menjadi awal bagi kita untuk memperbaiki diri dan kemudian bertumbuh di dalam kebenaran. ketiga untuk memperbaiki kelakuan. Alkitab memberitahu cara memperbaiki pikiran dan perbuatan yang salah sehingga manusia kembali berpikir dan berbuat yang benar. Memperbaiki kesalahan akan membuat manusia kembali kepada jalur kebenaran. Keempat untuk mendidik orang dalam kebenaran. Alkitab itu menuntun dan melatih manusia cara hidup yang sesuai dengan kebenaran firman Allah.

Alkitab hanya dapat dimengerti apabila kita mempunyai hubungan yang benar dengan Roh Kudus. Roh Kuduslah yang membuka pikiran kita untuk memahami maknanya dan memberikan kesaksian batiniah mengenai kasihNya, kuasaNya, dan kehendakNya. Ketika kita berpartisipasi aktif atas dorongan Roh Kudus untuk membaca, mempelajari, dan melakukan firmanNya, maka kita akan bertumbuh dan hidup kita terus diubahkan Tuhan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berkenalan dengan Jangkar KehidupanKarena mengenal satu sama lain itu indah.