Markus 6:50

“Sebab mereka semua melihat Dia dan mereka pun sangat terkejut. Tetapi segera Ia berkata kepada mereka: Tenanglah! Aku ini, jangan takut!”

Nobel dan penghargaan merupakan suatu bentuk penghargaan yang diberikan bagi mereka yang berprestasi, dan mendedikasikan hidupnya pada bidang tertentu. Misalnya: Nobel perdamaian, diberikan pada mereka yang mendamaikan suatu konflik berkepanjangan. Demi terciptanya, perdamaian antara pihak yang bertikai. Sehingga atas prestasi dan keberanian dari apa yang dilakukannya, orang tersebut diberikan penghargaan.

Para Murid Yesus pun, adalah mereka yang memenangkan dan memiliki banyak penghargaan. Karena merekalah pahlawan-pahlawan iman, yang memiliki keberanian memberitakan kasihNya. Keberanian ini berasal dari kebersamaan bersama Yesus, senantiasa dalam persekutuan yang erat denganNya.

Saya percaya bahwa Yesus mengaruniakan keberanian, pada mereka yang hidup dalam ketakutannya. Tenanglah! Aku ini, jangan takut!. Dia memberikan keberanian pada semua muridNya, saat berjalan di atas air mendekati mereka.

Yesus jugalah yang memberikan keberanian, kepada seorang ayah yang memutuskan pergi dari rumahnya bekerja ke tempat lain demi menafkahi keluarganya. Kepada janda yang terus mengasuh anak-anaknya, setelah kematian suaminya. Kepada anak laki-laki yang membela adiknya, dari mereka yang mengganggunya di sekolah. Atau gadis yang setiap hari dikucilkan di sekolah, karena kondisi keluarganya.

Para pahlawan tanpa tanda jasa ini, mengingatkan saya akan keberanian Yesus. Ketika Ia membiarkan manusia yang dikasihiNya, memakukanNya di salib. Demikianlah kematian dan kebangkitanNya, memberikan keberanian dalam kehidupan kita seturut kehendakNya. Penampakkan diriNya, pada murid-murid yang bersedih dan putus asa. Memampukan mereka, memiliki keberanian memberitakan Iniil kasihNya. Demikianlah juga, dengan kita semua.

Doa: Tuhan sertailah saya, agar dapat senantiasa memberitakan betapa besarnya kasih dan pengampunan Mu. Amin.

Bacaan Alkitab: Ayub 8-10, Matius 9: 1-17

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berkenalan dengan Jangkar KehidupanKarena mengenal satu sama lain itu indah.