Mendengar kata Pramuka tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Pramuka merupakan sebuah gerakan kepanduan yang pertama kali didirikan oleh Lord Robert Boden Powel of Gilwell, seorang pemuda yang berasal dari London Inggris. Di Indonesia gerakan pramuka lahir pada 14 agustus 1961 dan hingga kini diperingati sebagai hari Pramuka. Kegiatan kepramukaan memikili tujuan untuk melatih generasi muda agar mampu mengoptimalkan setiap potensi yang ada pada dirinya. Melihat kepada lambang pramuka yaitu tunas kelapa, anggota pramuka diharapkan mampu menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, cinta tanah air, dan tangguh Itu sebabnya bentuk kegiatan pramuka dibuat menarik, menyenangkan, terarah dan dilakukan di alam terbuka.(https://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Pramuka_Indonesia)

 

Pada peringatan hari Pramuka 14 Agustus 2019 kali ini, dipilih tema “Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.” Ditengah perkembangan zaman yang begitu penuh tantangan, sebagai tunas-tunas muda, sebagai generasi penerus, pramuka diharapkan ikut ambil bagian sesuai potensinya untuk membangun keutuhan NKRI dengan tetap berpegang pada nilai-nilai Pancasila dan agama. Langkah kongkrit yang bisa dilakukan pramuka untuk ikut mengambil bagian untuk ikut serta membangun keutuhan NKRI, sudah tertuang pada Janji Pramuka atau yang disebut “Trisatya” Pramuka dan sepuluh moral Pramuka yang disebut Dasa Dharma Pramuka. Pada Trisatya Pramuka dan  Dasa Dharma Pramuka ditekankan bahwa anggota Pramuka wajib untuk menjalan kewajibannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan negara, mengasih alam dan sesama manusia, bersikap bijaksana dalam berbagai hal dan bertanggung jawab.

 

Hal itu pula seperti yang tertulis pada 1 Timotius 4:12 “Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.”

 

Di usia ke 58 tahun, semoga Pramuka atau Praja Muda Karana dapat terus berkarya, berperan serta dalam membangun keutuhan negara, mengedepankan nilai-nilai agama dan Pancasila serta menghargai sesama.

Tepuk Pramuka : Prook…prook…prook

Prook…prook…prook

Prook..prook…prook…prook…prook…prook…prook

 

Penulis : Dumasari Mailani

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.