Dalam kamus besar bahasa Indonesia dijelaskan bahwa idola adalah idola/idoa?i??la/ n gambar, patung, dan sebagainya yang menjadi pujaan: ia senang sekali karena penyanyi — nya tampil dalam pertunjukan itu;. Webster dictionary menjelaskan bahwa idola adalah orang yang sangat dicintai atau dikagumi juga adalah gambar atau benda yang dipuja sebagai dewa. Jadi, dapat disimpulkan idola adalah sesuatu apa pun itu bisa pribadi, gambar, patung, yang sangat dicintai oleh seseorang sehingga ia mempertuhankannya.

Bagaimana pandangan Firman Tuhan tentang hal ini? Dalam keluaran 20:3, dikatakan Jangan ada padamu allah lain dihadapan-Ku. Pada bagian ini dengan tegas dijelaskan bahwa Tuhan melarang umat pilihanNya untuk menduakanNya dengan mengabdi kepada allah yang lain selain, Tuhan itu sendiri. Kata allah lain pada bagian ini dapat juga diterjemahkan dengan idola. Sehingga Firman Tuhan ini akan dapat dipahami demikian, Jangan ada idola lain dihadapanku. Pertanyannya mengapa Allah begitu gencar melarang umat untuk menduakan Tuhan dengan ilah yang lain?

Landasan iman Kristen menjelaskan demikian, Apa artinya? Kita harus takut, cinta, dan percaya pada Allah melebihi segala sesuatu. Saat membaca kitab keluaran kita akan menjumpai banyak peristiwa tentang ketidaktaattan dan ketidaksetiaan umat pilihan pada Allah. Firman ini diberikan saat itu demi menjaga umat pilihan agar tidak terpengaruh oleh kebiasaan bangsa-bangsa pada saat itu yang menyembah banyak dewa-dewi yang pemujaannya bertentangan dengan kehendak Tuhan. Sebut saja misalnya, baal-peor pada bilangan 25 sehingga Allah menghukum mereka. Berhubungan dengan bagian Firman Tuhan ini, sebagai umat Tuhan pada masa kini sudahkah kita mulai memikirkan secara serius adakah kita menduakan Tuhan? Adakah idola-idola lain dalam hidup kita selain Dia, sang Juruselamat kita? Apakah yang mengalihkan fokus kita dari padaNya akhir-akhir ini?

Apakah sampai kini, kita masih tetap konsisten untuk setia dan senantiasa mengasihiNya dengan segenap hati kita? Tahukah kamu rasa cinta pada sesuatu yang lain melebihi rasa cinta pada Tuhan menjadikanNya akan kecewa, marah serta menghukum kita. Sebab posisiNya dalam hati dan kehidupan kita, pasti akan tergantikan oleh sesuatu yang lain itu. Bukan tanpa alasan Yesus berkata Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. Matius 10:37.

Sebagai orang percaya marilah kita, mencoba memikirkan secara serius dan mendalam. Apakah idola kita saat ini? Orang yang kita sayangikah? Ataukah hanya Tuhan yang adalah pemilik hidup kita. Kembalilah pada cinta sejati Tuhan kita, ingatlah bahwa tak ada seorang pun yang begitu memahami dan mengenal kita sebaik Kristus. Karena begitu besar kasihNya pada kita, bahkan bukan kita saja. Tetapi Ia yang rela, mengorbankan nyawaNya demi kita. Sehingga kita memperoleh hidup kekal, dalam damai sejahtera yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang percaya dan menerimaNya sebagai Tuhan dan juruselamat kehidupannya. Evaluasilah diri kita dihadapanNya, dalam doa secara pribadi dan memohon agar kuasa roh kudusNya. Memberikan kesadaran serta kepekaan, untuk memahami dan mengerti betapa besarNya cinta dan kasihNya pada kita.

Marilah menaikkan pujian padaNya bersama dengan apa yang disampaikan raja Daud, Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan ditempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;. mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuannya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya. Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya!. Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;. lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku dijalan yang kekal. Mazmur 139:14-16, 23-24.

Penulis: Azer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.