Siapa yang senang mendengarkan radio? Radio memang menjadi salah satu media elektronik yang banyak digemari masyarakat. Meski informasi atau pun hiburan yang disajikan oleh radio hanya berupa suara, namun karena penggunaan radio yang begitu mudah serta bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, tak heran bila masih banyak masyarakat yang memanfaatkan radio untuk mendapatkan informasi atau pun mendengarkan lagu. Terlebih saat ini, di tengah perkembangan teknologi, pendengar radio juga dapat memanfaatkan teknologi yang ada di smartphone untuk mendengarkan radio sambal beraktivitas. Meskipun saat ini banyak bermunculan aplikasi pemutar musik di smartphone, namun tidak membuat radio ditinggal oleh para penggunanya.

 

Selain perkembangan teknologi untuk mendengarkan radio, perkembangan stasiun radio di Indonesia juga terus bertumbuh. Stasiun radio baru terus bermunculan baik komersil maupun radio komunitas. Diantara banyaknya stasiun radio yang terus bermunculan, nama besar Radio Republik Indonesia (RRI) tidak lantas hilang. Sejak berdiri pada 11 September 1945, RRI tetap berdiri kokoh sebagai radio yang menyandang nama negara. Keberadaan Radio Republik Indonesia, memang tidak bisa dilepaskan dari sejarah bangsa ini. RRI menjadi radio pertama yang dimiliki pemerintah Indonesia, dan menjadi satu-satunya lembaga penyiaran yang dapat berjaring secara nasional, yang artinya siaran Radio Republik Indonesia dapat didengarkan di seluruh wilayah Indonesia.  Dikutip dari website resmi RRI, sebagai Lembaga  Penyiaran Publik yang independent, netral dan tidak komersil berfungsi memberikan pelayanan siaran informasi, Pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol sosial serta menjaga citra positif bangsa di dunia internasional.

 

Ditengah keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia, memang diperlukan banyak perangkat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan negara kita. Karena sesungguhnya keberagaman itu diciptakan Tuhan agar kita dapat melengkapi satu sama lain, saling mengisi kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Sudah sepantasnya kita bersyukur karena dianugerahi negeri yang indah dan kaya dengan keberagaman, dan itu harus kita jaga. Menginjak usianya yang ke 74 pada hari ini,  semoga Radio Republik Indonesia sebagai sebuah lembaga penyiaran dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan negara kita tercinta lewat seluruh program-programnya, seperti yang disampaikan oleh Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI)  dalam peringatan HUT RRI ke 74 bahwa “Diperlukan Lembaga Penyiaran Publik yang kokoh sebagai media perekat sosial, multikultural negara kesatuan Republik Indonesia,” (website resmi RRI). Kita sebagai warga negara, juga tentu harus mendukung upaya dari Radio Republik Indonesia ini, agar dapat menjalankan visi misinya demi persatuan Indonesia.

 

Selamat ulang tahun Radio Republik Indonesia yang ke 74, jaya selalu di udara.

 

Penulis : Veronika Febrina

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.