Belakangan ini teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu cepat. Berbagai perangkat komunikasi dengan teknologi terbaru terus bermunculan, begitupula dengan teknologi komunikasi yang juga tidak kalah dahysat perkembangannya, membuat kita dengan mudah berkomunikasi berbagi informasi dengan siapa pun, bahkan dengan orang lain yang tidak kita kenal sebelumnya. Namun perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, juga memiliki dampak negativ terlebih bila tidak diimbangi dengan bijak oleh penggunanya. Seperti yang saat ini marak terjadi adalah penyebaran hoax atau berita bohong.

Penyebaran hoax tak lepas dari peran kita sebagai pengguna teknologi komunikasi. Seringkali kita terlalu reaktif menyikapi kabar yang kita terima namun belum terjamin kebenarannya. Terlalu gegabah sampai lupa untuk memeriksa kembali apakah kabar, cerita atau informasi yang kita terima sesuai fakta atau hanya rekayasa semata. Akhirnya secara tidak sadar kita pun menjadi bagian dari penyebar hoax. Sangat disayangkan bukan? Lalu apakah kita mau seterusnya menjadi penyebar berita bohong? Sementara kita sendiri tidak suka kalau dibohongi.

Pengendalian diri menjadi salah satu kunci agar kita tidak menjadi penyebar hoax. Bersikap tenang ketika mendapat berita atau cerita yang mungkin bisa menyentuh emosi kita dan tidak malas untuk mencari referensi ataupun faktanya. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan memikirkan dampak yang akan terjadi baik kepada diri sendiri maupun orang lain, apabila kita menyampaikan kabar, berita, cerita yang kita tidak tahu kebenarannya.  Allah sendiri menghendaki kita untuk selalu menyampaikan kejujuran dan kebenaran, agar kita terhindar dari segala keburukan. Tentunya kita tidak ingin jika kabar atau informasi yang kita sampaikan berdampak buruk kepada kita sendiri ataupun orang lain bukan?

Amsal 11:11 Berkat orang jujur memperkembangkan kota, tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.