“Jangan sia-siakan masa mudamu.” Pesan itu seringkali dilontarkan para orang tua kepada anak-anaknya yang mulai menginjak remaja dan menuju dewasa. Ya… masa muda adalah masa dimana seseorang mulai mencari jati diri, membuktikan eksistensi, membangun relasi, masa yang penuh semangat untuk mengejar cita-cita. Tetapi masa muda juga tidak luput dari segala tantangan, mulai dari pergaulan, perubahan zaman, gaya hidup dan masih banyak lainnya. kalau tidak disikapi dengan bijak, bukan tidak mungkin, tantangan tersebut akan membuat anak-anak muda terjerumus dalam jalan yang salah.

Melihat fenomena perubahan zaman saat ini,  menggugah Gereja Kristen Luther Indonesia untuk ikut ambil bagian, memberi pembekalan kepada anak-anak muda dan remaja, melalui kegiatan “Jambore Nasional Pemuda & Remaja” di Sihabonghabong, Sumatera Utara yang diadakan pada 4 – 7 Juli 2019 . Mengusung tema “Stand Firm” Gereja Kristen Luther Indonesia berharap anak-anak muda dan para remaja GKLI mampu berdiri teguh dengan imannya, dan tetap berjalan di jalan Tuhan.

Upaya Gereja Kristen Luther Indonesia untuk memberi bekal kepada anak-anak muda agar tidak salah melangkah, sejalan dengan salah satu misi Yayasan Jangkar kehidupan. Itulah sebabnya, ketika pada 5 Juli 2019 lalu kami mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, tidak kami lewatkan.

Melalui topik “Cinta Alam” kami mengajak para peserta jambore untuk terus menjaga alam dan lingkungan disekitarnya, salah satunya dengan tindakan sederhana yaitu membuang sampah pada tempatnya, dan tidak mengeksploitasi alam secara berlebihan. Mengapa hal ini penting untuk disampaikan? Karena lingkungan dan alam tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Kalau manusia tidak bisa menjaga alam dan lingkungannya, kepunahan akan mengancam.  Lalu kalau generasi muda tidak bijak menjaga alam dan lingkungannya, bagaimana kehidupan selanjutnya? Selain itu, juga untuk mengingatkan kembali kebaikan  Allah yang  sudah menciptakan bumi beserta isinya.

Selama empat hari tiga malam, sebanyak 208 orang peserta yang datang dari beberapa wilayah di Indonesia, mengikuti Jambore Nasional Pemuda dan Remaja ini dengan antusias, mulai dari kegiatan ibadah, mengumpulkan sampah, bernyanyi besama hingga menyimak semua materi yang diberikan dalam kegiatan ini.  Agar semakin banyak anak muda yang mendapatkan manfaat,  Gereja Kristen Luther Indonesia pun  menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin yang akan terus dilaksanakan setiap tahun.

Generasi muda adalah generasi penerus. Kepada para anak-anak muda masa depan kehidupan diwariskan. Menyiapkan generasi muda yang berkualitas, yang teguh dalam iman untuk tetap berjalan di jalan Tuhan dengan semangat Gereja Kristen Luther Indonesia  dan peduli terhadap lingkungan  menjadi tugas kita  bersama.

 

      

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berkenalan dengan Jangkar KehidupanKarena mengenal satu sama lain itu indah.